Sabtu, 12 Januari 2013

Cara Melatih Anjing


Apabila saya perhatikan, pada umumnya para pecinta anjing telah membuat beberapa kesalahan fatal. Dan biasanya kesalahan yang paling umum adalah Memperlakukan anjing sebagai manusia. Biar bagaimanapun anjing tetaplah hewan dan bukan manusia. Sebelum mereka menerima cinta dan kasih sayang, mereka perlu pelatihan, pendidikan, dan perlu “seorang pemimpin”. Hanya memberikan mereka cinta dan kasih sayang saja tidak bisa membuat “keseimbangan” dalam hidupnya. Hanya bermodalkan rasa cinta pada hewan anjing saja tidak cukup rasanya untuk bisa memelihara anjing. Anda harus benar-benar mengerti dan tahu segala hal tentang anjing.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendidiknya untuk menghormati/ respek terhadap anda dan keluarga anda. Mendidik anjing anda agar respek tidak akan membuatnya membuang rasa cinta terhadap diri anda. Mendidik rasa hormat adalah sebuah keharusan apabila anda akan menjaganya seumur hidup anda.

Maka didiklah anjing anda!
Mendidik anjing anda berarti anda mengajarinya menghormati anda (respek). Mendidik berarti mengajarinya banyak kata dan setiap makna yang terkandung didalamnya. Selama anda mendidiknya (educate), maka anjing anda akan semakin menghormati anda sebagai pemimpin yang mempunyai kapasitas di matanya. Karena rasa hormat itu (respek), maka dia akan mengubah tingkah laku dan kesehariannya menjadi perilaku yang lebih baik (better behavior).

Anjing terdidik adalah anjing yang paling bahagia, paling cerdas dan anjing yang paling percaya diri di dunia. Mereka telah belajar dan mengerti berbagai kata (bahasa kita), perilakunya baik (tidak merugikan) dan mereka sepenuhnya mengerti apa yang kita harapkan darinya.
• Mereka tau apa yang boleh dilakukan
• Mereka tau apa yang TIDAK boleh dilakukan.
Anjing menyukai jaminan dan keamanan dari apa yang boleh dan tak boleh ia lakukan. Dan karena anda yang telah mengajar dan mendidik mereka semua hal, maka mereka akan memandang anda sebagai satu-satunya rekan dan pemimpin yang dipercaya. Mereka akan mengandalkan anda dan akan mempercayai anda. Mereka akan melakukan apapun untuk anda, dan mereka akan menjadikan anda seorang rekan terpercaya untuk melakukan semua hal bersama anda.

Anjing terdidik adalah sahabat yang sesungguhnya, sedangkan anjing yang tak terdidik hanya menjadi hewan peliharaan biasa. Jika anda tidak mendidik anjing anda, maka:
• Dia tidak akan pernah menjadi “anjing yang sesungguhnya”
• Dia akan selalu menjadi “kurang berinteligent”
• Kurang dapat diterima masyarakat
• Akan lebih tidak peduli terhadap kemampuannya sendiri.

Anjing yang telah terdidik adalah seekor “anjing pemikir”. Dia bukanlah sebuah robot yang melakukan segala sesuatu secara mekanik. Seekor “anjing pemikir” mendengarkan baik-baik perkataan anda, memandang wajah anda,”membaca” bahasa tubuh dan ekspresi anda, dan mencoba merangkaikan setiap kata-kata kita menjadi sebuah tindakan yang compleks. Anda ingin anjing anda bahagia?? 
“MAKA DIDIKLAH ANJING ANDA !!”

Semoga Bermanfaat ! -_-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar